Seni

Karya Seni Terlihat Tidak Berharga Namun Terjual Dengan Harga Mahal

Karya Seni Terlihat Tidak Berharga Namun Terjual Dengan Harga Mahal Posted On
Posted By admin

Karya Seni Terlihat Tidak Berharga Namun Terjual Dengan Harga Mahal

Mobiletreasures. – Karya Seni Terlihat Tidak Berharga, Namun Terjual Dengan Harga Mahal. Sudah seharusnya karya seni memiliki nilai yang layak dan dapat menginspirasi para penikmatnya. Karena memang tujuan awal diciptakan karya seni adalah untuk membuat si penikmat menjadi terinspirasi. Pernah tidak anda merasa kagum pada saat melihat karya seni yang benar-benar menarik, misalnya anda terkesima pada saat melihat sebuah patung, lukisan ataupun yang lainnya. Beda halnya dengan salah satu karya seni berikut ini.

Suatu karya seni biasanya alih-alih akan memanjakan mata kamu. Akan tetapi karya seni berikut ini malah sebaliknya, bisa bikin kamu kebingungan. Kemungkinan besar kamu nggak akan (mampu) merasakan keindahan maupun pesan berarti di balik karya-karya ini jika bukan salah satu ahli dalam karya seni. Jika dilihat oleh orang-orang yang tidak memiliki makna seni akan terasa aneh melihat benda berikut dibanderol dengan harga yang sama sekali nggak masuk akal. Ada karya seni yang tak bisa dilihat sampai lukisan lainnya yang jutaan dolar harganya. Karya seni berikut paling terlihat aneh yang laku terjual sangat mahal.

Karya Seni Yang Terkesan Aneh Namun Terjual Dengan Harga Mahal

Bagaimana mungkin tidak dikatakan aneh jika karya seni yang satu ini ternyata berisikan kotoran dari seniman. Bagaimana mungkin hal ini termasuk salah satu karya seni? Karya seni yang satu berasal dari italia yaitu piero manzoni yang terdiri dari sebuah kaleng yang terdiri dari 90 kaleng dengan ukuran 4,8 x 6,5 cm dengan berat bersihnya 30 gram. Herannya isi dari kaleng ini merupakan kotoran milik manzoni. Lebelnya berbahasa inggris, italia, prancis dan jerman yang artinya adalah “kotoran seniman”.

Karya seni ini diproduksi mulai tahun 1961 yang ternyata pernah di lelang dan terjual sangat mahal hingga 124 ribu euro. Jika dalam menurut rupiah sampai mencapai 2 milyar tepat di tahun 2007. Tidak hanya dalam satu kali itu saja, ternyata karya seni yang satu ini juga dilelang kedua kalinya hingga terjual dengan harga 1,8 milyar. Aneh bukan, bagaimana bisa kotoran manusia menjadi sebuah karya yang bahkan terjual sangat mahal.

Karya seni yang tergolong juga aneh yaitu sebuah karya seni dari potongan kuku seniman. Seniman milik mike drake dikumpulkan selama sebelas tahun di dalam kantong plastik. Tak pernah terfikir untuk membuat suatu karya, yang sebenarnya potongan tersebut akan dibuang olehnya. Hingga tersulap dan tetap terbesit di benaknya untuk membuat suatu karya dari potongan kukunya sendiri selama beberapa tahun itu. Menakjubnya lagi potongan kuku ini terjual hingga harga 4 sampai 7 juta. Untuk ukuran kuku ya lumayan terjual mahal lah pastinya.

Ada juga sebuah karya seni dengan nama non-existent art (karya seni tak terlihat ini). Apa yang bisa kita nikmati dari karya seni yang tak bisa dilihat? Bentuk dari semua karya yang dipajang di galeri museum of non-visible art, new york, hanya ada di benak para seniman – seniman yang benar-benar mengeti. Pengunjung tak bisa melihat karya yang dipajang di museum tersebut jika tidak mengerti seni. Tapi para seniman pameran menyediakan semacam deskripsi singkat di masing-masing karya tak terlihat mereka itu.

Setidaknya pengunjung bisa membayangkan apa dan bagaimana kira-kira bentuk karya yang dipajang tersebut. Akan tetapi ternyata, pada tahun 2011 seorang wanita rela yang rela menghabiskan uangnya sebesar rp144 juta. Hanya untuk membeli karya seni tak terlihat berjudul fresh air atau udara segar ini.

Ada sebuah foto karya dari andres serrano yang menunjukkan boneka kristus. Boneka ini berada dalam sebuah cairan urin serrano sendiri. Herannya, karya seni ini pernah mendapatkan suatu penghargaan dan menjadi yang terbaik di tahun 1989. Dibalik itu karya seni ini pernah dikecam bahwa tidak bernilai dan tidak memiliki etika (menurut para pejabat amerika). Para pengkritik juga dibuat geram karena karya seni ini sampai di beli dengan harga yang tak tanggung sekali sampai rp. 215 juta.

Ada sebuah karya seni yang dapat anda lihat di atas replika patung venus de milo. Karya seni ini terbuat dari kotoran baik kotoran hewan hingga kotoran manusia. Patung ini berdiri dengan di bantu oleh sembilan murid zhu cheng dalam pameran seni henan art museum kota zhengzou, tiongkok. Patung ini dipajang di dalam kotak etalase yang tertutup dengan maksud akan terhindar dari bau kotoran, sehingga pengunjung merasa tidak terganggu. Anehnya lagi juga masih ada seseorang yang tertarik membelinya. Yaitu para pengkoleksi seni berasal dari swiss. Beliau membeli patung dari kotoran tersebut dengan harga 300 ribu yuan dalam uang Rp. 650 juta.

 

Related Post

leave a Comment