Seni

Pengertian Seni Menurut Beberapa Ahli Dan Cabang-Cabang Seni

Pengertian Seni Menurut Beberapa Ahli Dan Cabang-Cabang Seni Posted On
Posted By admin

Pengertian Seni Menurut Beberapa Ahli Dan Cabang-Cabang Seni

Mobiletreasures. – Pengertian Seni Menurut Beberapa Ahli Dan Cabang-Cabang Seni. Ada banyak sekali para ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang pengertian seni. Karena secara umum arti kata seni sangat meluas. Menurut aristoteles, seni merupakan peniruan terhadap alam tetapi sifatnya harus ideal dan secara nyata. Sedangkan menurut ahdian karta miharja, seni adalah kegiatan rohani yang mereflesikan realitas dalam suatu karya. Bentuk dan isinya adalah untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohaninya penerimanya.

Ki hajar dewantara juga mengemukakan pendapat bahwa seni merupakan perbuatan manusia yang timbul dari perasaannya dan bersifat indah sehinga dapat menggerakkan jiwanya. Menurut plato vs rousseau, Mereka mengatakan bahwa seni adalah hasil peniruan alam dengan segala seginya. Seni menurut drs. Sudarmajie adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media dalam segala bidang, misalkan garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang. Seni menurut drs popo iskandar adalah hasil ungkapan emosi yang ingin di sampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat/berkelompok.

Pengertian seni menurut, prof. Drs. Suwaji bastomi adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetika. Seni menyatakan dalam bentuk agung yang mempunyai daya membangkitkan rasa takjub dan haru. Dengan demikian seni dapat membuat si penonton merasa terkesima bahkan ikut serta merasa seakan-akan mereka yang menjadi tokoh dalam ceritanya. Beberapa ahli juga mengatakan bahwa ada banyak sekali cabang-cabang seni yang terbagi menjadi beberapa bagian tertentu.

Dalam bahasa latin pada abad pertengahan terdapat istilah-istilah ars, artes, dan artista dalam seni. Arti ars adalah teknik atau craftsmanship, yaitu ketangkasan dan kemahiran dalam mengerjakan sesuatu. Artes artinya sebuah kelompok yang terdiri dari beberapa orang yang memiliki ketangkasan atau kemahiran. Sedangkan artista adalah salah satu anggota yang ada di dalam kelompok-kelompok tersebut. Maka kiranya artista dapat dipersamakan dengan cipta. Setelah membahas tentang pengertian seni anda akan di kenalkan dengan cabang-cabang seni.

Berikut Cabang-Cabang Seni Yang Harus Diketahui

Cabang-cabang seni yang pertama yaitu seni rupa. Seni rupa merupakan suatu uangkapan/ gagasan, perasaan, pemikiran serta ide-ide yang dituangkan melalui media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan seni rupa dapat tercipta dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika. Salah satu contoh seni rupa yaitu dapat berupa pembuatan patung, pemahat dll.

Seni musik juga termasuk cabang-cabang seni yang dapat dirasakan. Seni musik yaitu berupa uangkapan/ gagasan, perasaan, pemikiran serta ide-ide yang dituangkan melalui media suara dan bunyi-bunyian. Seni musik termasuk salah satu seni yang dapat dirasakan oleh siapa saja manfaatnya. Dapat anda saksikan sendiri bahwa hampir seluruh orang membutuhkan musik pada saat dirinya sudah merasa jenuh.

Cabang-cabang seni yang lainnya yaitu seni tari. Seni tari berupa uangkapan/ gagasan, perasaan, pemikiran serta ide-ide yang dituangkan melalui media gerak tubuh. Gerak tubuh yang dilakukan tidak sembarang bergerak melainkan dengan susunan secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu. Biasanya dalam menari pasti di iringi denga music, yaitu sebagai pengiring tari untuk mengatur gerakan penari dan memperkuat maksud yang ingin disampaikan. Selain sebagai pengiring, dengan sebuah lagu para penari juga lebih mudah untuk mengingat dan secara beriringan untuk menyesuaikan tarinya.

Cabang-cabang seni yang selanjutnya yaitu seni teater. Teater adalah istilah lain dari sebuah drama. Pengertian teater yang lebih luas merupakan sebuah proses pemilihan teks atau naskah (kalau ada), penafiran, penggarapan, penyajian atau pementasan dan proses pemahaman. Teater juga diartikan sebagai penikmatan dari public atau audience (bisa pembaca, pendengar, penonton, pengamat, kritikus atau peneliti). Proses penjadian drama ke teater disebut prose teater atau singkatannya adalah berteater.

Teater berasal dari kata theatron yang diturunkan dari kata theaomai dalam bahasa yunani. Arti kata theaomai adalah takjub melihat atau memandang. Teater juga bisa diartikan dengan dua cara yaitu dalam arti sempit dan dalam arti yang secara luas. Arti teater secara sempit adalah sebagai drama (kisah hidup dan kehiudpan manusia yang diceritakan di atas pentas. Sekaligus disaksikan oleh banyak orang dan didasarkan pada naskah yang tertulis. Sedangkan arti teater secara luas adalah segala tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banyak contohnya wayang orang, ketoprak, ludruk dan lain-lain.

Penting bagi anda untuk mengetahui apa saja cabang-cabang seni. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sebenarnya cabang seni yang mana yang disukai anda atau anak anda. Selain itu anda juga harus memperhatikan kelebihan yang anda miliki. Tujuan melihat kelebihan dalam diri masing-masing adalah supaya kita dengan mudah mencocokkan cabang seni yang mana yang harus kita tekuni. Tekun dan hanya fokus dalam satu bidang juga perlu, agar anda benar-benar menciptakan salah satu karya seni ceme yang menakjubkan.

Related Post

leave a Comment