Seni

Seni Alat Musik Tradisional Indonesia Yang Wajib Anda Tahu

Seni Alat Musik Tradisional Indonesia Yang Wajib Anda Tahu Posted On
Posted By admin

Seni Alat Musik Tradisional Indonesia Yang Wajib Anda Tahu

Mobiletreasures. – Musik tradisional, baik itu seperangkat komposisi, idiom, struktur dan instrumen, serta gaya dan elemen dasar komposisi, seperti ritme, mode, melodi atau sisik, tidak berasal dari sistem musik yang bukan milik budaya pemiliknya. Definisi musik tradisional adalah musik yang berakar pada tradisi komunitas tertentu. Oleh karena itu, kelangsungannya dalam konteks saat ini adalah upaya pewarisan dari generasi ke generasi, dari satu komunitas ke komunitas lainnya.

Setelah kita memahami makna musik tradisional, kita sekarang tahu apa fungsi alat musik tradisional Indonesia. Karena masih ada hubungannya dengan musik di daerah masing-masing. Secara umum, fungsi musikal penduduk Indonesia meliputi fasilitas atau dukungan untuk upacara budaya tradisional (ritual), iringan tari, media hiburan, sarana komunikasi, sarana ekspresi pribadi dan sarana ekonomi.

Mengenal Alat Musik Tradisional Indonesia Seni Dan Budaya

  1. Demung

Demung merupakan alat musik tradisional Jawa Tengah pertama yang kita bahas. Salah satu instrumen gamelan termasuk keluarga Balungan, yang menghasilkan suara oktaf rendah dalam keluarga Balungan, dengan ukuran fisik yang lebih besar. Alat musik dari daerah ini memiliki bentuk yang relatif lebih tipis tetapi juga lebih luas dari daerah saron, sehingga suara yang dihasilkannya lebih lemah. Sementara alat untuk memukul Demung biasanya terbuat dari kayu, mereka memiliki bentuk palu.

  1. Gamelan

Siapa yang tidak kenal Gamelan? Alat musik tradisional Jawa ini memiliki jenis suara Ideofon yang biasa dipukul dengan tongkat pemukul khusus. Meskipun alat musik daerah ini berasal dari Jawa Tengah, Gamelan hadir di berbagai daerah Indonesia.

  1. Angklung

Angklung adalah nama alat musik tradisional dari Jawa Barat. Terbuat dari bambu dan bermain bergetar dengan tangan Anda ini cukup mudah. Anda dapat mempelajarinya dengan cepat. Alat musik Sunda ini sudah sering dimainkan dengan lagu-lagu Sunda.

  1. Gendang

Alat musik tradisional gendang cara memainkannya dengan dipukul ini merupakan alat musik dari Jawa Tengah dan Jawa Barat. Alat musik ini sangat populer. Karena Gendang atau Kendang sudah ada di berbagai wilayah Indonesia hingga mancanegara. Cara memainkan alat musik tradisional ini cukup menggunakan tangan Anda untuk mengenai bagian yang lembut. Ada jenis kecil kendang atau gendang, yang disebut Ketipung, dan dikombinasikan dengan Kendang Besar.

  1. Gong

Gong juga dari Jawa Barat. Alat musik tradisional ini biasanya dilampirkan atau digantung dengan kayu. Jika ingin anda mainkan pukul saja karena ini sangat mudah saat bermain gong.

  1. Kulanter

Kulanter juga sering digunakan sebagai iringan ke Kendang. Itu juga merupakan alat musik tradisional Jawa Barat. Mainkan dengan memukulnya, seperti memukul Kendang.

  1. Rebab

Seperti biola karena memainkannya dengan cara menggesekan. Alat musik tradisional Jawa Barat ini memiliki bentuk yang ramping dan terlihat seperti anak panah.

  1. Jengglong

Kalau Jengglong adalah Gong kecil. Alat musik tradisional Jawa Barat juga. Keduanya menempel atau tergantung di kayu, dan keduanya dipukuli untuk menghasilkan nada atau suara.

  1. Bonang

Bonang adalah alat musik tradisional yang berlokasi di Jawa Timur. Ini ditemukan di berbagai wilayah Indonesia. Bonang biasanya disebut gong kecil. Ini adalah pelengkap bagian instrumen Gamelan. Untuk memainkannya, Anda cukup memukul dengan tongkat Bonang khusus.

  1. Karinding

Di sekitar Jawa Barat, Karinding adalah alat musik tradisional kecil yang diletakkan di bibir. Untuk menghasilkan suara, cukup tekan bagian mencolok Karinding. Di Jawa Barat, Karinding sangat populer. Sering dimainkan untuk musik solo atau grup. Bahkan ada band yang bermain Karinding untuk dimainkan di luar negeri.

  1. Aramba

Sekarang menuju ke Sumatra. Karena di Sumatera, ada banyak jenis alat musik tradisional. Seperti Aramba ini. Asli dari Sumatera Utara. Cara memainkannya, Anda dapat menggunakan tongkat Aramba khusus, lalu tekan.

  1. Serune Kalee

Mari kita pergi ke Aceh karena Serune Kalee berasal dari Aceh. Bentuknya unik dan menarik. Seperti seruling, Serune Kalee adalah jenis alat musik tradisional yang ditiup. Ada juga lubang kecil lainnya yang digunakan untuk jari mengatur nada.

  1. Talempong

Mainkan pemukulan talempong dengan kayu. Alat musik tradisional Sumatera Barat ini memiliki bentuk yang mirip dengan Bonang Jawa Tengah. Jika Anda lupa tentang Bonang, Anda bisa melihat poin di atas.

  1. Saluang

Saluang asli dari Sumatera Barat. Alat musik tradisional ini seperti seruling. Untuk memainkannya ditiup dan ada lubang yang digunakan untuk menempatkan jari-jari sehingga bisa mengatur suara.

  1. Serunai

Serunai atau Puput Serunai juga dibuat dari jerami dengan tambahan kayu dan bambu. Alat musik tradisional ini berasal dari Minang, Sumatera Barat. Anda dapat dengan mudah temukan di darat dan di pantai. Untuk memainkannya, Anda hanya perlu memiliki modal untuk meniup, Anda akan berhasil menghasilkan suara dari alat musik Serunai.

 

Related Post

leave a Comment